Rabu, 23 Agustus 2017

Keluarga KH Ahmad Dahlan Jadi Contoh Majunya Perempuan


REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemeran KH Ahmad Dahlan di Nyai Dahlan The Movie, David Chalik, mengungkapkan kekaguman terhadap keluarga pendiri Muhammadiyah tersebut. Ia menilai, keluarga KH Ahmad Dahlan merupakan contoh adanya dukungan besar bagi perempuan untuk maju.

"Sudah memberikan peran memajukan kaum perempuan saat itu, menampilkan Islam yang memang membebaskan," kata David saat gala premiere Nyai Ahmad Dahlan di Empire XX1 Yogyakarta, Rabu (23/8).

Ia menilai, selama ini sebagian besar orang yang mengenal KH Ahmad Dahlan, hanya jadi sosoknya saja sebagai pahlawan nasional dan pendiri Muhammadiyah. Padahal, David berpendapat, seorang KH Ahmad Dahlan menjadi besar tentu salah satunya merupakan hasil besarnya dukungan keluarga.

David melihat, KH Ahmad Dahlan merupakan wujud itikad seorang anak bangsa, yang memiliki kemauan sangat besar untuk memajukan bangsa, dengan segala keterbatasannya. Hal itu dirasa telah menginspirasi anak bangsa agar selalu dapat memberikan faedah untuk masyarakat. "Bahkan, seratus tahun lebih masanya terlewat kita masih bisa merasakan manfaatnya," kata David.

Terkait proses pembuatan film, ia menuturkan, cukup banyak romantisme KH Ahmad Dahlan dengan Siti Walidah (Nyai Dahlan) yang ditampilkan. Tentunya, wujud romantisme itu banyak ditampilkan melalui beberapa tindakan, seperti tatapan mata dan perhatian yang diberikan.

"Karenanya, dari film ini semoga kita sadar kalau umat Islam itu tidak pernah membedakan kaum perempuan, malah memberikan tempat khusus bagi perjuangan perempuan," kata David.

Nyai Dahlan The Movie sendiri diproduseri Dyah Kalsitorini dan Widiyastuti, disutradarai Olla Adonara, dan dikemas aransemen lagu Tya Subiyakto. Film produksi Iras Film ini akan tayang serentak di bioskop-bioskop Indonesia pada 24 Agustus 2017.
Sumber : http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/08/23/ov59hm361-keluarga-kh-ahmad-dahlan-jadi-contoh-majunya-perempuan

0 komentar:

Posting Komentar