Senin, 29 Mei 2017

3 Mushaf Alquran Raksasa Dunia


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran adalah firman Allah SWT yang langsung diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu mukjizat melalui Malaikat Jibril. Alquran merupakan kitab suci dan pedoman utama umat Islam dalam menjalani hidup.

Firman Allah ini diturunkan berangsur-angsur selama 22 tahun dua bulan 22 hari. Alquran pertama kali diturunkan pada 17 Ramadhan saat Muhammad SAW berusia 40 tahun hingga wafat. Ayat pertama yang diturunkan adalah ayat satu sampai lima surah al-Alaq.

Setelah Rasulullah wafat, sahabat segera menyusun dan menuliskan kembali hafalan Alquran mereka. Kodifikasi Alquran secara serius berlangsung pada masa Khalifah Utsman bin Affan.

Di dunia saat ini terdapat Alquran yang ditulis berbagai ukuran, mulai dari yang terbesar hingga terkecil. Tiga Alquran terbesar di dunia dan salah satunya berada di Indonesia. Sedangkan dua lainnya ada di Mesir dan Rusia. Berikut informasi singkat tentang tiga mushaf terbesar itu:

Mushaf Handmade Mesir

Seorang seniman Mesir bernama Saad Mohamed berhasil menuliskan mushaf Alquran tulisan tangan sepanjang 700 meter. Alquran rampung dikerjakan selama 3,5 tahun.

Selain ayat Alquran, dia melengkapinya dengan kaligrafi yang dihiasi dengan motif khas Islam yang dicat indah. Alquran dengan tulisan tangan ini rencananya akan masuk ke dalam Guiness World Records. Sebelumnya, sudah ada kategori Alquran cetak terbesar, tetapi belum ada Alquran tulis tangan terbesar.

Mushaf Akbar Indonesia

Alquran di Indonesia yang terbesar saat ini tersimpan di Palembang. Alquran 30 juz ini terbuat dari kayu tembesu yang dilengkapi ukiran khas tradisional Palembang.

Alquran yang disebut sebagai Alquran al-Akbar ini tersusun rapi di bait Alquran al-Akbar. Setinggi 15 meter, memiliki 315 potongan papan tembesu berukuran 177 kali 140 sentimeter.

Alquran ini memiliki 630 halaman dilengkapi dengan tajwid dan doa khatam bagi pemula. Alquran ini dibuat pada 2002 dan selesai 2009 oleh warga Sumatra Selatan.

Mushaf Rusia

Muslim Rusia membuat Alquran terbesar. Komunitas Muslim Rusia berhasil membuat Alquran seberat 800 kilogram dan berukuran 1,2 kali delapan meter dengan total halaman mencapai 632 lembar.

Sampul Alquran terbuat dari emas dan perak, serta ditutupi motif dasar perunggu berdiameter 14 sentimeter. Penulisan Alquran ini berlangsung selama satu tahun.

Alquran ini ditempatkan di sebuah masjid di Kazan, Tatarstan. Kemudian, pada akhir 2011, mereka memindahkannya ke Bolgary yang mayoritas berpenduduk Muslim
Sumber : http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/05/29/oqovfb313-3-mushaf-alquran-raksasa-dunia#

0 komentar:

Posting Komentar