Selasa, 18 April 2017

Longsor Sampah, 30 Orang di Sri Lanka Hilang


REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBO -- Sebuah tempat pembuangan sampah besar di Ibu Kota Kolombo, Sri Lanka, dilaporkan roboh. Kejadian itu menyebabkan bencana banjir disertai longsor terjadi dan menyebabkan sebanyak 28 orang tewas dan 30 lainnya masih dinyatakan hilang, Senin (17/4). 

Kebanyakan sampah yang ditampung di tempat pembuangan di Meethotamulla, wilayah pinggiran Kolombo adalah puing-puing bangunan. Saat tempat penampungan itu hancur, sampah yang meluap juga membuat puluhan rumah warga di sekitar lokasi kejadian hancur dan kebakaran juga terjadi. 

Salah satu warga bernama Azzam Ameen mengatakan istri dan anak-anaknya hilang dalam bencana itu. Longsor menyebabkan banyak orang terkubur hidup-hidup hingga meregang nyawa. 

Penyelamatan korban terus dilakukan oleh pihak berwenang. Namun, kebanyakan mereka yang ditemukan di antara tumpukan tanah bercampur sampah sudah dalam kondisi tewas. 

"Kami belum menerima informasi mengetahui berapa banyak orang yang terperangkap dalam longsor sampah ini dan perkiraan berapa banyak penduduk yang berada di sekitar lokasi kejadian saat itu," ujar polisi Roshan Senaviratne, dilansir BBC.

Saat ini, tentara tengah dikerahkan untuk menggali longsoran yang diperkirakan dalamnya mencapai 20 hingga 30 kaki. Proses pencarian korban juga dilakukan dengan menggunakan mesin. Namun, kondisi tanah yang berlumpur disebut menghambat hal itu dilakukan dengan cepat. 

"Bahkan meski kami menggali dengan mesin, tanah berlumpur membuat kami sulit menyelesaikan proses ini," jelas Senaviratne. 

Sebelumnya, tempat pembuangan sampah besar di Meethotamulla telah diminta oleh banyak warga di sekitar lokasi untuk ditutup. Alasan utama adalah karena lingkungan mereka yang menjadi tidak sehat karenanya. 

Setiap harinya, ada sekitar 800 ton sampah yang dibuang ke tempat itu. Namun, atas bencana ini, Pemerintah Sri Lanka mengumumkan penutupan tempat pembuangan sampah terbesar di Kolombo tersebut. Lokasi pembuangan sampah akan dipindahkan ke dua tempat lainnya di kota tersebut.
Sumber : http://m.republika.co.id/berita/internasional/global/17/04/18/ooko0j328-longsor-sampah-30-orang-di-sri-lanka-hilang

0 komentar:

Posting Komentar