Senin, 13 Maret 2017

Patung Raksasa Ramses II Ditemukan di Wilayah Kumuh Kairo


REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Di Kairo, Mesir, Anda mungkin bisa menemukan artefak penting di bawah rumah. Hal itu terbukti dengan penemuan patung raksasa setinggi delapan meter yang diperkirakan adalah sosok raja Ramses II. Raja Mesir kuno itu memimpin dari 1279 hingga 1213 sebelum Masehi.

Seperti dikutip dari Travel and Leisure, patung itu ditemukan berada dalam aliran air tanah di sebuah pemukiman padat penduduk Kairo. Arkeolog dari Mesir dan Jerman kini tengah bekerja untuk mengangkat patung tersebut dan melakukan restorasi.

Lokasi itu berdekatan dengan lokasi kota kuno Heliopolis. Berdasarkan pendapat arkeolog, kuil pemujaan matahari di kota tersebut dibangun oleh Ramses II. Hal itu pun semakin menguatkan dugaan patung yang baru ditemukan itu memang menggambarkan sosok sang Raja.

Patung berukuran 80 sentimeter juga berhasil ditemukan. Patung itu diduga merupakan patung Seti II, cucu Ramses II.

Jika tim arkeolog sukses dan keasliannya terbukti, patung-patung itu akan dipajang dalam Museum Besar Mesir. Museum itu rencananya akan dibuka pada 2018.

Sumber :
http://m.republika.co.id/berita/internasional/global/17/03/13/omq2n6328-patung-raksasa-ramses-ii-ditemukan-di-wilayah-kumuh-kairo

0 komentar:

Posting Komentar