Minggu, 19 Februari 2017

Saluran Irigasi di Sukabumi Kembali Jebol


REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebuah saluran irigasi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi jebol. Dampaknya, dikhawatirkan sarana tersebut tidak mengairi areal persawahan.

Data dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, peristiwa jebolnya saluran irigasi tersebut terjadi di Kampung Cicurug RT 04 RT 02 Desa Cikembang, Kecamatan Caringin. Kejadian tersebut terjadap pada Rabu (15/2) sore lalu sekitar pukul 17.00 WIB.

"Irigasi rusak karena tembok bagian samping jebol," terang Koordinator Pusadalops, BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Suryana kepada wartawan Ahad (19/2). Bencana tersebut terjadi ketika wilayah tersebut diguyur hujan deras yang mengakibatkan debit air tinggi.

Rusaknya saluran irigasi ini lanjut Yana, telah direspon oleh petugas maupun relawan penanggulangan bencana di lapangan. Selain itu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam upaya perbaikan sarana irigasi yang rusak.

Sebelumya, sebuah saluran irigasi di Kampung Marinjung RT 01 RW 01, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Sukabumi jebol pada 4 Februari lalu. Dampaknya, sarana pengairan untuk areal persawahan terancam terhambat.

Yana menerangkan, saluran irigasi tersebut jebol ketika wilayah tersebut diguyur hujan deras. BPBD terang dia telah memberikan bantuan berupa sebanyak 130 beronjong atau alat penahan longsor. Ditambahkan Yana, intensitas hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan sejumlah bencana. Sehingga lanjut dia kewaspadaan menghadapi bencana harus ditingkatkan.

Sumber :
http://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/02/19/olmb4j359-saluran-irigasi-di-sukabumi-kembali-jebol

0 komentar:

Posting Komentar