Rabu, 22 Februari 2017

Empat Rumah di Cirebon Ambruk Akibat Retakan Tanah


REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak empat rumah warga Desa Gemulung Lebak Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, ambruk diakibatkan retakan tanah yang terjadi setelah hujan lebat pada Rabu (15/2).

"Ada empat rumah yang ambruk, termasuk rumah saya yang dekat dengan sungai," kata seorang warga Puri (45) di Cirebon, Rabu.

Rumah warga yang mengalami ambruk itu, posisinya di bibir sungai, dimana bibir sungai itu mulai terkikis yang mengakibatkan retakan sedalam satu meter.

Puri menuturkan awalnya pada hari Rabu (15/2) hujan sangat lebat dan ia mendengar adanya air sungai yang mengikis dinding atau tebing sungai. "Waktu itu suaranya menggelegar, kaya ada yang terbawa air sungai, setelah dicek ternyata rumah kami sudah retak," tuturnya.

Retakan tanah yang mengakibatkan ambruknya empat rumah warga di RT 04/04 Blok Perenca Desa Gemulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon.

Selain mengakibatkan ambruknya rumah warga, retakan tanah itu juga mengancam kurang lebih 30 rumah lain dan satu tempat ibadah Mushala.

Sementara itu warga lain Ardi (50) menuturkan rumah yang dihuninya tiba-tiba berbunyi, setelah dicek ternyata rumahnya sudah dalam keadaan retak dan langsung ambruk. "Untung kami langsung keluar dan tidak ada yang terluka," katanya.

Sekarang ini ia mengaku mengungsi ke tempat kerabat, karena rumah yang dihuninya selama ini sudah hancur tak bisa ditempati lagi. "Empat rumah yang rusak parah atau ambruk itu milik ibu Puri, milik saya (Ardi), ibu Enung dan Sarwi," tambahnya.

Sumber :http://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/02/22/olrm6q284-empat-rumah-di-cirebon-ambruk-akibat-retakan-tanah

0 komentar:

Posting Komentar