Senin, 23 Januari 2017

Komunitas Diaspora Jeddah Promosikan Produk Indonesia


REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Komunitas Diaspora Indonesia yang berada di Jeddah, Arab Saudi, mendapatkan pembinaan dari Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. Mereka dibina secara khusus untuk mempromosikan produk-produk asal Tanah Air. 

Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah, Bachtiar Saleh, mengatakan, komunitas Diaspora, khususnya yang bergerak di sektor ritel, merupakan ujung tombak pemasaran produk-produk Indonesia di Arab Saudi. "Dengan pembinaan para Diaspora, kami harapkan komoditas Indonesia semakin dikenal masyarakat luas," katanya, seperti dikutip dari laman resmi www.kemendag.go.id, Senin (23/1). 

Produk-produk Indonesia seperti makanan, minuman, barang kebutuhan pokok, ikan dan olahan ikan, sayur, buah-buahan, hingga kosmetik dan obat-obatan herbal yang beredar di Arab Saudi sebagian besar dijual dengan sistem ritel. ITPC mencatat, penjualan produk Indonesia secara ritel di Jeddah pada periode 2014-2016 mengalami pertumbuhan sebesar 13,76 persen atau tumbuh 6,88 persen per tahun. 

Kepala ITC Jeddah Gunawan menuturkan, faktanya jumlah toko yang menjual produk-produk Indonesia secara langsung dalam periode yang sama mengalami penurunan sebesar 2,08 persen atau turun 1,04 persen per tahun. "Dalam satu tahun ada satu toko ritel yang tutup," ujarnya. Namun, kata dia, kendati jumlah toko berkurang, tapi permintaan komoditas Indonesia justru mengalami peningkatan. 

Sumber : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/01/23/ok85ah396-komunitas-diaspora-jeddah-promosikan-produk-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar