Selasa, 11 Maret 2014

WAKAF GEDUNG ASRAMA YATIM DAN DHU’AFA YAYASAN MITRA UMMAT

PROPOSAL WAKAF TANAH DAN PEMBANGUNAN
GEDUNG ASRAMA YATIM DAN DHU’AFA
YAYASAN MITRA UMMAT

A. LATAR BELAKANG

Mendidik dan membangun kesadaran akan arti penting pendidikan ditengah masyarakat menjadi pondasi utama kemajuan sebuah bangsa dan negara dalam menjawab berbagai problematika kehidupan, baik dalam skala mikro maupun makro. Terkadang problematika sosial ditengahtengah kehidupan bermasyarakat dapat diminimalisir dengan tingkat taraf pendidikan masingmasing individu di tengah-tengah masyarakat tersebut.

Membangun merupakan sebuah proses dan setiap proses membutuhkan konsep yang matang, serta untuk merealisasikan semuanya memerlukan finansial dan fasilitas untuk mendukung keberhasilan dari semua yang dicita-citakan. Sedangkan arti kesadaran adalah bentuk kepedulian individu atau masyarakat tentang urgensi dari apa yang menjadi objek dari kesadaran dari proyek yang akan dibangun.

Proyek membangun kesadaran tentang urgensi pendidikan ini dapat dilakukang dalam bentuk formal maupun informal. Pendidikan formal tentunya sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memfasilitasi secara penuh dan terstruktur, serta menyedot anggaran dari pusat maupun daerah dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang akan melanjutkan estafesa bangsa dan negara ini ke depan. Adapun pendidikan informal juga mempunyai peran yang sangat strategis, mungkin tidak sebesar dan terstruktur secara formal layaknya lembaga-lembaga pendidikan ternama. Pendidikan informal ini biasanya swakelola dengan mengandalkan bantuan dari para donatur dan dermawan yang punya kepedulian tentang arti pendidikan dalam mencerdaskan masyarakat. Bentuk pendidikan informal swakelola tidak identik dengan pegajaran dan penerapan kurikulum, memfasilitasi sarana dan asrama merupakan bagian terpenting, apalagi ketika menjadikan objek terdidik adalah mereka yang status sosial mereka dari kalangan fakir miskin, yatim serta dhu’afa.

Ketika objek terdidik adalah mereka dari kalangan anak-anak Yatim dan Dhu’afa tentunya tidak hanya bernilai mencerdaskan anak bangsa, tetapi juga mendapat nilai Ibadah. Yayasan Mitra Ummat mencoba menggarap wakaf tanah dan pembangunan asrama untuk Yatim dan Dhuafa, fasilitas asrama tempat mereka singgah, berkumpul dan pengarahan pendidikan, dalam bentuk Bimbingan Belajar dan juga Pembekalan Keagamaan. Dengan mukimnya mereka di asrama tersebut juga melatih kemandirian dan juga membangun kebersamaan diantara mereka. Banyak hal yang dapat diberdayakan untuk membangun potensi mereka untuk bangsa dan negara ini ke depan.

B. LANDASAN PEMIKIRAN

Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap – tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS: Al-Baqarah [2]: 261) . Nabi Muhammad S.A.W diberi tugas sebagai rahmatan lilalamin. Kepedulian beliau terhadap yang lemah khususnya anak - anak yatim piatu dan dhuafa begitu besar. Kepekaan hati beliau merasakan penderitaan yang mereka rasakan tumbuh karena beliaupun telah merasakan sebagai anak yatim piatu dalam hidupnya.

Sabda nabi “kemiskinan itu sangat mendekati kepada kekufuran”, telah menjadi potret realita kehidupan bahwa betapa banyak orang yang hidup dalam kekurangan, anak-anak yang berlatar belakang dari keluarga miskin tidak jarang melakukan suatu perbuatan yang melanggar norma-norma agama dan etika, kezaliman dan kebiadaban, mereka juga merasakan kurangnya layanan pendidikan. Maka ketidak jelasan arah hidup merekadikarenakan kurangnya ilmu agama dan kurangnya ilmu pengetahuan yang menjadi belenggu yang menyelimuti kehidupan mereka.

Dari kondisi inilah perlu diadakan suatu kegiatan atau wadah yang dapat membantu menjembatani anak-anak dari kalangan kurang mampu, terutama anak-anak yatim piatu dan anak-anak dari kaum dhuafa. Kegiatan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi anakanak untuk bisa menjadi generasi yang sukses dan mandiri dengan fondasi keimanan dan ketaqwaan

C. BENTUK PENGGALANGAN DANA WAKAF DAN PEMBANGUNAN
1. Kupon Wakaf 1 cm = Rp. 10.000,-
Sebagai sebuah lembaga Sosial. Pendidikan dan Keagamaan Yayasan Mitra Ummat berupaya membuka jalan inovasi untuk beramal, dengan program ini kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membangun bersama Gedung Asrama yang nantinya akan diberdayakan untuk anak – anakyatim piatu dan dhua’fa. Dengan sistematika 1 Cm = 10 Ribu untuk pembelian tanah wakaf dan pembangunan gedung asrama.

2. Sertifikat Wakaf
Kami menerbitkan sertifikat wakaf kepada para donatur baik secara individu, koletif dan Instansiinstansi yang ikut bersumbangsih dalam pembangunan gedung wakaf. Sistematis sertifikat wakaf dibagi menjadi 2 bagian.

a. Sertifikat Paket : Adalah setifikat wakaf yang diberikan kepada donatur dalam sertifikat tersebut sudah ditentukan jumlah nominalnya oleh Yayasan Mitra Ummat 
b. Sertifikat Utama : Adalah sertifikat yang diberikan kepada para donatur yang menentukan
sendiri jumlah nominal tunainya.

3. Gedung Asrama Yatim dan Dhuafa tersebut nantinya akan dipakai untuk:

I. ASRAMA SANTRI
Sarana penampungan berupa tempat tinggal gratis yang diperuntukkan bagi anak – anak yatim Piatu maupun dhuafa. Dengan tujuan memberikan kepada mereka tempat tinggal yang lebih layak dimana mereka bisa mendapatkan pula kasih sayang berupa perhatian, pendidikan dan pembinaan agar kehidupan mereka menjadi lebih layak dan sejahtera.

II. PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SANTRI

Sebagai tempat untuk menjalankan program yang bertujuan mengenalkan agama islam kepada anak – anak yatim piatu dan dhu’afa. yaitu program berupa : Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) gratis dan Rumah Tahfidzh ( Menghafal Qur’an )

III. PUSAT PENDIDIKAN EKSTRAKULIKULER SANTRI

Sarana pendidikan ekstrakulikuler gratis yang diperuntukkan untuk anak – anak yatim piatu dan dhu’afa berupa program BIMBEL maupun pendidikan kesenian dan budaya bagi mereka agar mereka memiliki keahlian dalam tekhnologi dan kecintaan terhadap kesenian islam. Diantara program yang telah kami selenggarakan adalah : Bimbel Matematika IPA, dan IPS. dan juga program kesenian berupa latihan kegiatan Nasyid atau Marawis.

IV. SEKRETARIAT YAYASAN MITRA UMMAT CABANG BOGOR

Sebagai wadah pengelolaan dan pengembangan santri maupun program – program yayasan yang bertujuan agar semakin meningkatkan kesejahteraan anak – anak yatim piatu dan dhu’afa dan juga kemandirian Yayasan Mitra Ummat bahagia.

D. SPESIFIKASI LUAS TANAH DAN STRUKTUR BANGUNAN

1. Luas Tanah
Luas tanah yang dibutuhkan adalah 150 m2 yang berlokasi di Desa Cinangneng Kelurahan
Cinangneng Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor Jawa Barat
2. Spesifikasi Bahan dan Struktur Bangunan
3. Fasilitas Ruang Yang Akan Tersedia

Fasilitas yang akan disediakan di asrama yatim adalah
a. Ruang Kantor
b. Aula
c. Kamar Tidur Laki-laki & Perempuan plus Kamar Mandi
d. Mushola
e. Kamar Wudhu
f. Tempat Tidur

Spesifikasi struktur bangunan Asrama Yatim adalah sebagai berikut :
1. Pondasi menggunakan Strausfall dan batu kali.
2. Struktur balok dan bambu
3. Struktur atap balok dan kayu.
4. Dinding menggunakan bata merah dipelster dan anyaman bambu.
5. Kusen pintu, jendela dan bouflit menggunakan kayu kamper.
6. Penutup atap terbuat dari genting komposit.
7. Lantai keramik.
8. Kamar mandi dan WC standar.
9. Instalasi listrik, panel-panel khusus, air bersih dan sanitasi.
10.Perkerasan halaman menggunakan paving block.

E. PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Panitia Pembangunan Asrama Yatim dan Dhu’afa serta pihakpihak
yang terkait dengan susunan kepanitian inti sebagai berikut:
Penasehat
   1. KH. Mahbub, Lc.
   2. H. Bambang Sabur DGW
   3. H. Eko Kusumawan, SE.
Penanggung Jawab
   Budhi Mulyadi, S.Kep.,
Ketua Pelaksana
   Ali Hasan Basri
Sekretaris
   Charni Dharmawan, ST.
Bendahara
   Nur Wakhid
Humas dan Publikasi
   Ahmad Munzir
Sie. Pembangunan dan Pengadaan
   Dirman Santosa

F. ANGGARAN BIAYA
Sumber pendanaan yang direncanakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini dapat diuraikan
sebagai berikut :
1. Donatur
2. Instansi Pemerintah dan Swasta
3. Lembaga Penyalur Bantuan Sosial, Pendidikan dan Keagamaan
4. Dll

G. KONTAK KAMI
Office : Jl. Pisangan Baru Utara No.2 14/9 Kel. Pisangan Baru Kec. Matraman Jakarta Timur 13110 
Telp. 021-2962 2115 
FB: yayasan.mitraummat 
website : www.mitraummat.org 
email:yayasanmitraummat@gmail.com 
Twitt: @mitraummat

Asrama Yatim : Desa. Cinangneng RT.004/04 No.51 Kec. Tenjolaya Kab. Bogor 16620

H. REKENING
Salurkan Wakaf Anda melalui :
   Bank Syariah Mandiri : 702-987-0289
   Bank Mandiri : 006-000-751-3181
   Bank Permata Syariah : 975-480-135
atas nama : yayasan mitra ummat bahagia

I. PENUTUP

Demikianlah Proyek Proposal ini kami sampaikan, sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Semoga apa yang telah kami lakukan ini seiring dengan ridho Allah SWT dan menjadi investasi akhirat di hari Pembalasan nanti. Akhirnya semuanya dari Allah dan hanya kepada Allah lah kami serahkan semua urusan ini seraya memohon taufiq, hidayah dan inayah-Nya demi terselenggaranya kegiatan ini. Mohon maaf dan Terima kasih. Jazakumullah ahsanal jaza’...

Ali Hasan Basri
Ketua Pelaksana





0 komentar:

Posting Komentar