Selasa, 11 Desember 2012

Profile Mitra Ummat

Mitra Ummat adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang memfokuskan pada pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf secara lebih profesional dengan menitikberatkan program pendidikan, kesehatan, pembinaan komunitas dan pemberdayaan ekonomi sebagai penyaluran program unggulan.
Memulai kiprahnya sejak Agustus 1998 di Jakarta, tepatnya di wilayah Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Lembaga yang dibawah naungan Yayasan Mitra Ummat Bahagia ini, mendapat legalitas hukum pada tahun 2011 semakin menguatkan eksistensinya sebagai sebuah Lembaga Sosial  yang Profesional, Transparan, Akuntabilitas dan Insya Allah menyampaikan Amanah sesuai syariah.
Semangat membumikan nilai spritualitas menjadi keshalehan sosial membingkai gerak lembaga ini sebagai mediator antara nilai kepentingan muzakki dan mustahiq. Antara yang memberi dan menerima, antara para aghniya (orang kaya) dan mereka yang dhuafa sehingga kesenjangan sosial bisa semakin dikurangi jaraknya. Harmoni ini semakin hangat dengan telah bergabungnya Para Pengusaha yang memiliki Usaha dibidang Jasa Konsultan, Penyewaan Alat Perlengkapan Perkantoran, Usaha Aqiqah, Bimbingan Belajar, Konveksi, Catering dan usaha Dagang lainnya yang tergabung dalam Jaring Kemitraan Mitra Ummat. Merekalah yang menjadi tiang penyangga lembaga, selain tentu dukungan doa anak yatim dan para mustahiq yang menyuburkan gerakan sosial ini dilakukan.
Didukung simpati para duta sedekah sekalian, Mitra Ummat telah memelihara anak yatim sebanyak kurang lebih 600 anak  yang tersebar di 6 kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Matraman, 1buah mobil Ambulance Gratis,1 Kantor cabang pembantu , Lembaga  Da’wah, serta Taman pendidikan Al-Qur’an. Dengan Program-program yang telah kami rancang  sedemikian rupa  mulai dari : Beasiswa  Siswa  Cerdas, Belanja Bareng Yatim, Layanan Kesehatan Gratis, Ambulance Gratis, Belajar Baca Qur’an Gratis, Khitanan Masal, Qurban 1433 H, kami harapkan dukungan dari para Duta Sedekah sekalian untuk  sekian kalinya memberikan keceriaan pada  Masyarakat yang sangat membutuhkan uluran bantuan…….


Program Mitra Ummat
Pendidikan, Sosial, Kemanusiaan

PENDIDIKAN

Dalam Program  Pendidikan, Mitra Ummat telah membuat suatu Lembaga Da’wah  dimana tugas pokoknya adalah bertugas mengakomodir kebutuhan Ustad ataupun Ustadzah dalam membina masyarakat dalam kaitan hal masalah keagamaan dan ibadah, dan memberikan program Belajar baca Al-Qur’an secara gratis serta berhasil membentuk Taman Pendidikan Qur’an dibeberapa titik kecamatan matraman.

SOSIAL

Kegiatan rutin yang menjadi ciri khas Mitra Ummat adalah Pelayanan Kesehatan secara Gratis, Fasilitas Ambulance Gratis, Santunan Anak Yatim, Belanja Bareng Yatim, Bantuan Modal Usaha, Pemberian Paket sembako Murah, Pemberian pakaian layak pakai pada korban kebakaran, dan bentuk penyuluhan-penyuluhan terkait dengan masalah-masalah sosial .

KEMANUSIAAN

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir Mitra Ummat berkontribusi dalam penggalangan dana sosial untuk kemanusiaan  dimana kita berkontribusi memberikan bantuan pada korban Tsunami Aceh, Gempa di Yogyakarta, Gunung Merapi, Gempa di Padang serta  dibeberapa tempat  terjadinya  bencana alam di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar